Kamis, 04 Agustus 2011

hardware dan fungsinya

Perangkat Keras dan Fungsinya
komponen dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari hard disk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Peripheral Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Peripheral ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Hardware berupa peralatan fisik dari sebuah sistem komputer. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. Input Device (unit masukan)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya. Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse . Selain itu terdapat joystick, scanner, Touch panel, microphone, Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan.
a) Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya. keyboard, adalah sebuah divas komputer yang paling sering bersentuhan dengan manusia, (beberapa survey menunjukkan bahwa sentuhan manusia dengan keyboard lebih sering dibanding sentuhan manusia terhadap monitor, prosesor, bahkan hardisk). keyboard bersifat plug and play. sehingga setelah ditancapkan ke CPU, keyboard baru bisa digunakan. menurut etimologi, keyboard berasal dari kata key dan board yang artinya kunci dan papan, sehingga keyboard juga merupakan tempat menaruh kunci yang paling efektif.
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Jenis-Jenis Keyboard :
1) QWERTY
2) DVORAK
3) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1) typewriter key
2) numeric key
3) function key
4) special function key.
 Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya.
 Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
 Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
 Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.

b) Mouse

Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data. Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
c) Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.


d) Light Pen

Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e) Joy Stick dan Games Paddle

Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f) Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

g) Scanner

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks
h) Kamera Digital

Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekam gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i) Mikropon dan Headphone

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan microphone, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chatting.
j) Graphics pads
Teknologi Compute Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics pads. Graphics pads ini merupakan masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan ada dua jenis.
 Menggunakan jarum yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah. Pada bantalan terdapat permukaan membran yang sensitive terhadap sentuhan (touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan diterjemahkan menjadi koordinat X-Y
 Menggunakan bantalan yang sensitive terhadap sentuhan (touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

2. Process device (unit Pemrosesan)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga microprocessor.
CPU (Central Processing Unit)
CPU Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.

Secara garis besar unit pemrosesan di dalam CPU terdiri dari:
1. ALU (Arithmetic Logical Unit)
Fungsi unit ini adalah untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika. ALU terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi. Tugas utama dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Sirkuit yang dipergunakan oleh ALU ini disebut dengan adder karena operasi yang dilakukan dengan dasar penjumlahan. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi sesuai dengan instruksi program yaitu operasi logika (logical operation) Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu:
• Sama dengan (=)
• Tidak sama dengan (<>)
• Kurang dari ( < ) • Kurang atau sama dengan dari ( <= ) • Lebih besar dari ( > )
• Lebih besar atau sama dengan dari ( > )

2. CU ( Control Unit)
Fungsi unit ini adalah untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan (output). Selain itu CU menafsirkan perintah dan menghasilkan sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer. Unit ini mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan dari program komputer. Bila terdapat instruksi perhitungan atau logika maka unit ini akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Dengan demikian, tugas dari Control Unit adalah:
• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
• Mengambil instruksi-instruksi dari memory utama
• Mengambil data dari memory utama (jika diperlukan) untuk diproses
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU
• Menyimpan hasil proses ke memory utama

Peralatan yang terdapat di dalam CPU yaitu:
a) PROCESSOR
Processor merupakan bagian yang sangat penting dari komputer. Ia bisa diibaratkan sebagai otaknya komputer. Yaitu suatu sirkuit elektronik yang berfungsi secara logik merespon dan mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer. Adalah komponen berupa chip atau IC berbentuk persegi empat yang merupakan otak dan pengendali proses kinerja computer, dengan dibantu komponen lainnya. Satuan kecepatan prosesor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz (1000 Mega Hertz). Semakin besar nilainya, semakin cepat proses eksekusi pada komputer.

b) MOTHERBOARD

Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo. Motherboard yang banyak ditemui di pasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM Berbentuk papan (board) elektronik utama yang mempunyai beberapa slot individual yang bias dipasangkan untuk board lain, mulai dari prosesor, memori, sound card, display adapter, dan sebagainya. Di antara slot pada papan utama, terdapat slot yang khusus digunakan untuk pemasangan prosesor yang dinamakan socket dan slot 1. Motherboard memiliki beberapa jenis socket yang berbeda-beda, sesuai dengan perkembangan jenis prosesor.
c) ROM (Read Only Memory)

ROM merupakan salah satu memory, mempunyai sifat hanya dapat di bacadan tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang pemanen atau tetap (non volatile). ROM mulai berfungsi saat menghidupkan komputer. Sebagian perintah ROM dipindahkan ke dalam RAM (Random Access Memory) berupa intruksi atau syntax
d) RAM (Random Access Memory)

Memori akses acak (Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

3. Output device (unit keluaran)
Perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer. Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU ke dalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media dari output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.
Media yang pertama adalah Visual Display, output yang ada akan disajikan melalui suatu alat yang bentuknya mirip dengan televisi. Pada saat ini, visual display sudah merupakan satu kesatuan dari sebuah computer. Media kedua yang bisa digunakan sebagai output device adalah berupa kertas. Media magnetic merupakan media ketiga yang bisa digunakan untuk menampung output komputer.
a) SPEAKER
Speaker merupakan media output yang berikut bagi komputer. Rekaman suara merupakan jenis output device yang dihasilkan oleh komputer generasi mutakhir dengan menggunakan pelbagai peralatan audio message.

b) MONITOR
Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Monitor berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan ke dalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum. Monitor adalah suatu tipe data abstrak yang dapat mengatur aktivitas serta penggunaan resource oleh beberapa thread. Ide monitor pertama kali diperkenalkan oleh C.A.R Hoare dan Per Brinch-Hansen pada awal 1970-an.
Monitor terdiri atas data-data private dengan fungsi-fungsi public yang dapat mengakses data-data tersebut. Method-method dalam suatu monitor sudah dirancang sedemikian rupa agar hanya ada satu buah method yang dapat bekerja pada suatu saat. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar semua operasi dalam monitor bersifat mutual exclusion.
Monitor dapat dianalogikan sebagai sebuah bangunan dengan tiga buah ruangan yaitu satu buah ruangan kontrol, satu buah ruang-tunggu-masuk, satu buah ruang-tunggu-dalam. Ketika suatu thread memasuki monitor, ia memasuki ruang-tunggu-masuk (enter). Ketika gilirannya tiba, thread memasuki ruang kontrol (acquire), di sini thread menyelesaikan tugasnya dengan shared resource yang berada di ruang kontrol (owning). Jika tugas thread tersebut belum selesai tetapi alokasi waktu untuknya sudah habis atau thread tersebut menunggu pekerjaan thread lain selesai, thread melepaskan kendali atas monitor (release) dan dipindahkan ke ruang-tunggu-dalam (waiting queue). Ketika gilirannya tiba kembali, thread memasuki ruang kontrol lagi (acquire). Jika tugasnya selesai, ia keluar dari monitor (release and exit).
Monitor Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU. Monitor adalah suatu peralatan hardware yang menampilkan hasil proses-proses yang dilaksanakan oleh computer. Monitor ada beberapa jenis, yaitu :
a. Monokrom : menampilkan warna Hitam dan Putih,
b. CGA (Color Graphic Adapter)'
c. EGA (Enhanced Graphic Adapter) merupakan monitor berwarna pertama,
d. VGA (Video Graphic Array),
e. Super VGA jenis yang saat ini banyak dipergunakan.
Dengan perkembangan jaman, teknologi monitor sudah banyak dipebaharui. Sekarang ini muncul monitor LCD, monitor layar datar (flat), dan monitor dengan layar plasma.

Liquid Crystal Display.
Merupakan jenis monitor/layar yg mulai banyak digunakan saat ini. Lcd adalah suatu jenis media tampilan yg menggunakan cristal cair sebagai penampil utamanya. Layar jenis ini sudah mulai mendominasi jenis tampilan untuk komputer desktop maupun laptop karena daya listrik yg dibutuhkan rendah, berbentuk tipis, tidak panas dan beresolusi tinggi. Pada mulanya lcd display digunakan pada komputer laptop sebelum teknologi meningkat dan akhirnya di pakai pada monitor desktop. lcd monitor terdiri dari lima lapisan yaitu backlight, selembar kaca terpolarisasi , mask piksel berwarna , lapisan larutan kristal cair responsif terhadap kotak kabel dari koordinat x, y, dan selembar kaca terpolarisasi kedua.
c) PRINTER

Printer merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik. Printer merupakan media output dari komputer yang bisa menghasilkan tulisan, gambar ataupun grafik di dalam media kertas. Banyak sekali jenis printer yang bisa dijumpai, baik ditinjau dari segi ukuran, kecepatan, harga, kualitas ataupun teknik peng-operasiannya.

Jenis-jenis printer
1) Daisy Wheel Printer
2) Dot Matrix-Printer
3) Ink-Jet Printer
4) Laser Jet Printer
5) Plotter
6) Line-Printer
7) Printer Digital
d) PLOTTER

Selain hasil cetakan dari printer, ada hasil cetakan kertas menggunakan plotter. Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
1) Floppy Disk
Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi. Floppy disk atau disket adalah media penyimpanan yang paling umum digunakan sebelum ada harddisk. Floppy disk berbentuk kecil dan ringan serta mudah di bawa dan dipindahkan antar komputer. Floppy disk memiliki kapasitas kecil, sehingga lebih cocok digunakan untuk menyimpan file teks.

2) Compact Disk (CD)

CD merupakan Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik. Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik. Cakram padat (bahasa Inggris: Compact Disc, disingkat CD) adalah sebuah piringan optikal yang digunakan untuk menyimpan data secara digital. Awalnya cakram padat dikembangkan untuk menyimpan audio digital dan diperkenalkan pada tahun 1982. Media ini tetap menjadi format standar dalam pemutaran rekaman audio komersial hingga pertengahan 2006. Sebuah cakram padat audio mengandung satu atau lebih lajur stereo yang disimpan dengan proses pengkodean PCM 16-bit pada sampel rasio 44,1 kHz.
Cakram padat standar berdiameter 12 cm, yang lebih kecil berdiameter 8 cm. Cakram padat berdiameter 12 cm mampu menampung sekitar 80 menit data berupa audio. Cakram padat berdiameter 8 cm, yang terkadang digunakan untuk CD demo, mampu menampung sekitar 20 menit data berupa audio. Teknologi cakram padat kemudian diadopsi untuk digunakan sebagai alat penyimpanan data yang dikenal sebagai CD-ROM serta untuk media yang dapat ditulis sekali maupun berulang-ulang (CD-R dan CD-RW). CD-ROM dan CD-R tetap digunakan secara luas dalam industri PC hingga tahun 2006. Cakram padat dan media lain hasil pengembangannya mencapai kesuksesannya pada tahun 2004. Saat itu penjualan dunia untuk CD audio, CD-ROM, dan CD-R telah mencapai kira-kira lebih dari 30 milyar keping.
3) HARDDISK
Harddisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector.
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.
Adalah komponen yang berbentuk persegi empat yang berisi platter atau piringan yang mirip dengan piringan hitam, head, papan elektronik, motor penggerak, dan komponen lainnya, yang dilapisi atau dibungkus oleh casing yang kuat.

4) Flash disk
Saat ini muncul peralatan penyimpanan yang disebut flash disk. Alat ini mempunyai bentuk yang kecil, tetapi mempunyai kapasitas besar mulai dari 32 MB sampai dengan 4 GB. Alat ini memerlukan piranti yang disebut dengan USB (Universal Serial Bus). Flash disk ini dapat bekerja jika dihubungkan USB tersebut. Flash disk merupakan media penyimpanan dengan teknologi elektronik. Sekarang ini terdapat flash disk dengan fasilitas kunci ( lock ) dan password. Selain membutuhkan port USB, dibutuhkan sistem operasi yang dapat mengenal hardware Flash disk, yaitu Windows XP, Windows 2003; sedangkan untuk windows versi di bawahnya seperti Windows 98, untuk dapat menggunakan flash disk perlu dilakukan setup (install) komponen hardware flash disk terlebih dahulu. Tujuan penggunaan flash disk adalah memudahkan dalam memindahkan data antar komputer dengan kapasitas yang besar.

5) Zip drive
Zip drive (disk Zip) merupakan sistem penyimpanan dalam bentuk disk berukuran menengah, yang diperkenalkan oleh Iomega pada akhir 1994. Awalnya, disk Zip memiliki kapasitas 100 MB, tetapi kemudian ditingkatkan menjadi 250 MB dan kemudian menjadi 750 MB. Format ini menjadi yang paling populer diantara produk-produk jenis super-floppy tetapi tidak pernah mencapai status standar untuk menggantikan floppy disk 3,5 inci. Kemudian, CD-RW menggantikan posisi disk Zip, dan perekam CD internal dan eksternal Zip-650 atau Zip-CD tersebut dijual dengan merek Zip. Zip sistem yang dikembangkan dari sistem Bernoulli Box buatan Iomega; di kedua sistem, satu set alat pembaca / penulis yang terpasang pada linear aktuator melayang di atas sebuah floppy disk yang berputar cepat dan terpasang pada poros yang kokoh. Linear aktuator tersebut menggunakan teknologi voice coil actuation, seperti pada hard drive modern. The Zip disk uses smaller media (about the size of a 9 cm (3½") microfloppy, rather than the Compact Disc -sized Bernoulli media), and a simplified drive design that reduced its overall cost. Zip disk menggunakan media yang lebih kecil (sekitar ukuran 9 cm (3 ½ ") microfloppy, bukan Compact Disk seperti sistem Bernoulli), dan desain yang lebih sederhana untuk menekan biaya keseluruhan. Sistem ini menghasilkan disk yang memiliki semua kenyamanan dari floppy 9 cm (3 ½ "), tapi dengan kapasitas perekaman data lebih banyak, dan kinerja yang jauh lebih cepat dibanding floppy drive standar (walaupun tidak secara langsung bersaing dengan hard drive). Zip drive yang asli memiliki kecepatan transfer data dari sekitar 1 megabyte / detik dan kecepatan pencarian rata-rata 28 milidetik, dibandingkan dengan floppy 1,44 MB standar yang memiliki 500 kbit / s (62,5 kB / s) kecepatan transfer dan beberapa ratus milidetik untuk rata-rata kecepatan pencarian. Saat ini rata-rata kecepatan pencarian hard drive 7200 RPM sekitar 8.5-9 ms.
Zip drive generasi awal bersaing langsung dengan SuperDisk atau LS-120 drive, yang menampung 20% lebih banyak data dan juga dapat membaca disket standar 3½" 1,44 MB, tetapi mempunyai kecepatan transfer data yang lebih rendah karena kecepatan putarannya juga rendah. Persaingan antara keduanya berakhir dengan munculnya era USB.

Zip drive mempunyai ruang untuk menyimpan data sebanyak 100 MB. Drive ini mempunyai ukuran portabel yang mudah dibawa kemana-mana, mudah dalam transfer data antar mesin yang berbeda, serta dapat menggunakan komputer. Selain itu ada pula jaz yang mampu menyimpan data sebanyak 2 GB yang merupakan versi yang baru zip drive
6) Digital Audio Tape/pita magnetic

Untuk menyalin data yang ukurannya 3 GB dari harddisk, tidak mungkin menggunakan disket. Hal itu disebabkan ukuran disket hanya 1.44 MB. Untuk menghadapi masalah ini kita dapat menggunakan Digital Audio Tape (DAT) drive. Digital Audio Tape ini biasanya digunakan oleh perusahaan studio Rekaman dan film. Untuk komputer pribadi, media DAT ini jarang digunakan.
7) Digital Versatile Disc (DVD)

Digital Video Disc atau Digital Versatile Disc adalah media penyimpanan yang mempunyai ukuran dan bentuk seperti CD. Dibandingkan dengan CD, DVD mempunyai kemampuan untuk menyimpan data sebanyak 17 GB. Teknologi DVD merupakan teknologi optical disc yang banyak digunakan dan dimanfaatkan secara luas oleh perusahaan musik dan film. Perkembangan DVD ini sangat cepat dibandingkan dengan CD. DVD memiliki kecepatan yang diukur dalam x (kali) dimana 1 x DVD-ROM memungkinkan rata-rata transfer data 1.321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12 MB/s.

5. Peripheral ( unit tambahan)
Perangkat tambahan (peralatan peripheral) adalah peralayan tambahan yang akan dapat meningkatkan kemampuan komputer dalam bekerja. Perangkat tambahan terdiri atas perangkat masukan, proses dan keluaran. Alat ini biasanya dipasang dalam slot-slot yang disediakan oleh main board komputer. Pada umumnya alat ini berbentuk kartu atau card, misalnya: LAN Card, TV Tuner Card, Modem, dan Sound Card
a) LAN Card

Kartu ini Disebut juga NIC (Network Interface Card). Dengan NIC komputer akan terhubung membentuk suatu jaringan yang disebut Local Area Network (LAN). Bila komputer sudah terhubung, maka komputer akan dapat melakukan komunikasi antar komputer.
b) VGA Card (Video Graphic Adapter)
Kartu VGA dalam komputer generasi sekarang sudah menjadi satu dengan main board dengan memory sekitar 32 MB, tetapi kualitas dari grafisnya kurang bagus. Kualitas resolusi grafis monitor dapat ditingkatkan dengan VGA card yang dipasang pada slot PCI (Peripheral Component Interconnect) dan AGP (Accelerated Graphics Port). Kapasitas memory VGA yang besar akan membuat tampilan grafis lebih bagus dan dapat digunakan untuk software game yang membutuhkan resolusi grafis yang tinggi. Saat ini peran AGP mulai digantikan dengan PCI Express.

c) Card Reader
Card reader merupakan alat yang digunakan untuk membaca memory flash seperti:
• Multimedia Memory Card (MMC)
• Secure Digital (SD)
• Exterm Digital (xD)
• Memory Stick
• Compact Flash
Anda dapat mentransfer file dari memory flash ke komputer dengan card reader

d) Wireless network adapter

Alat ini memiliki fungsi yang sama dengan LAN card tetapi membutuhkan alat lainnya, yaitu hub wireless atau router wireless. Dengan wireless network adapter pemasangan jaringan tidak membutuhkan banyak kabel. Jaringan yang terhubung dapat melalui udara. Terdapat dua jenis wireless yaitu wireless network adapter yang dipasangkan pada slot PCI pada main board dan wireless network adapter yang dipasangkan pada port USB.
e) Wireless router

Merupakan alat yang digunakan untuk membangun suatu jaringan nirkabel. Wireless router dapat digunakan untuk membagi koneksi internet broadband seperti jaringan internet, TV kabel, atau ADSL dengan membagi IP address pada komputer yang terhubung dalam jaringan.
f) PC camera
Alat ini digunakan untuk mengirim video secara real-time kepada orang lain melalui komunikasi internet dengan teknologi web cam. Anda dapat berkomunikasi melalui Yahoo Messenger dengan menggunakan web cam. Bila teman and menggunakan web cam pula pada komputernya, anda dapat pula melihatnya secara real-time. Saat ini beberapa merk laptop sudah dilengkapi pula dengan kamera pada monitornya.

g) Modem (Modulator demodulator)

Modem akan mengoptimalkan komputer dalam fungsinya, yaitu dapat mengakses internet. Fungsi modem adalah mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dari kabel telephone sehingga komputer dapat terhubung dengan internet.
h) Sound Card

Merupakan komponen hardware komputer yang berbentuk chipset pada motherboard atau PCB card (printed circuit board) yang dipasang pada slot PCI di motherboard, dengan memiliki empat komponen utama untuk menerjemahkan analog dan digital.
i) TV Tuner Card
TV tuner card di dalam komputer mampu menampilkan gambar dari chanel-chanel atau stasiun televisi. Prinsip kerjanya sama seperti televisi.

j) Capture Card

Peralatan peripheral ini mempunyai fungsi untuk merekam gambar dari VCD/DVD atau camcorder (handy cam). Capture card ada yang sudah menjadi satu dengan TV tuner, sehingga perekaman atau proses capture gambar dapat pula diambil melalui channel stasiun televisi yang sedang dipilih.
k) CD ROM

Penggunaan floppy disk sebagai media simpan boleh dikatakan sudah seumur PC sendiri. Media simpan berukuran 5 1/4 inci dan kemudian ke 3 1/2 inci telah begitu populer di kalangan pengguna PC di seluruh dunia. Selain praktis, disket dipandang merupakan barang yang murah dan mudah didapat.
Sampai sekarang masih ada sebagian pengguna yang
memanfaatkan disket sebagai media tukar-menukar data.
Namun, lambat laun popularitas disket terus digerogoti oleh media simpan lain yang kapasitasnya jauh lebih besar dan ketahanannya terhadap risiko rusak jauh lebih rendah, yakni CD-R. CD-R menawarkan tingkat kepraktisan dan keamanan data yang jauh lebih tinggi. Selain itu, harga sekeping CD-R sekarang ini bahkan jauh lebih murah dibandingkan dengan selembar disket bila ditinjau dari kemampuan simpannya. Dengan 2.500 perak kita sudah dapat
memperoleh CD-R berkapasitas 700MB, sementara harga sebuah disket berukuran 1,44MB harganya paling-paling hanya beberapa ratus perak lebih murah. Pedagang barang-barang komputer di kawasan pertokoan Mangga Dua pun membenarkan merosotnya popularitas disket. “Persentase pembelian CD-R dibandingkan dengan disket bisa mencapai 60:40,” ujar Veronica dari DAS Computer di Mangga Dua Mall.
CD ROM Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optic CD-ROM (singkatan dari Compact Disc - Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bite. CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW
l) POWER SUPPLY
Masih bagian dalam komputer, yang tersimpan dalam CPU yaitu power supply. Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan. Yang biasa dipakai di PC rumahan adalah jenis ATX. Berupa kotak tegangan listirik yang menempel pada bagian belakang setiap casing dan memiliki kabel power yang akan disambungkan ke komponen hardware yang ada di dalam casing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar